Kamis, 12 April 2012

CARA BELAJAR ORANG SUKSES


 Orang sukses pasti belajar tapi orang yang belajar belum tentu sukses. Untuk sukses, kita harus tahu bagaimana cara belajar orang sukses. Belajar bukan berarti harus menjadi pelajar dan mahasiswa. Proses belajar tidak mesti dilakukan di sekolah atau kampus saja. Kapanpun dan dimanapun kita harus selalu belajar.

 Orang sukses belajar dari siapa saja termasuk dari orang yang gagal sekalipun. Ada beberapa tahapan belajar yang dilakukan orang sukses diantaranya yaitu:

 1. Awali dengan niat belajar yang benar. Niat belajar adalah untuk menuntut ilmu agar bisa meningkatkan kualitas diri. Jangan niatkan belajar untuk mendapatkan gelar, ijazah, gengsi atau mendapatkan materi. Niat yang benar akan menumbuhkan motivasi tinggi. Jika belajar cuma untuk lulus sekolah maka mereka akan menghalalkan segala cara agar bisa lulus.

 2. Tetapkan target dengan jelas. Target yang jelas bisa berupa nilai yang harus diraih, waktu untuk lulus atau target kualitatif. Jika ingin menargetkan nilai, targetkanlah nilai yang tinggi. Misalnya 100 adalah nilai tertinggi maka buatlah target untuk mencapai nilai tersebut. Saya yakin kita akan belajar dengan giat untuk mendapat nilai 100. Jika tidak bisa mencapai target, mungkin kita masih bisa dapat nilai 90 atau setidaknya 80. Kalau kita menargetkan nilai minimal lulus 65, saya yakin belajarnya akan santai saja dan tidak terlalu ngotot karena hanya yang penting bisa lulus.

 3. Buat perencanaan belajar. Kita harus punya jadwal belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Ada jadwal rutin belajar setiap hari. Alokasikan waktu khusus untuk belajar. Jam berapa belajar dan mau belajar apa harus jelas. Semakin banyak tugas atau menjelang ujian, tambahkan waktu belajar.

 4. Konsisten dan komitmen. Ini yang terkadang sulit untuk dilakukan. Kita harus punya konsistensi untuk belajar sesuai jadwal. Komitmen untuk meluangkan waktu khusus dan tidak tergoda untuk melakukan aktifitas lain yang lebih menyenangkan. Semangat belajar harus terus dipertahankan dari awal sampai akhir. Belajar itu seperti lari maraton, tidak perlu terlalu kencang yang penting terus berlari dengan stabil. Belajar bukan seperti lari jarak pendek yang sprint kencang di awal tapi cepat berhenti karena sudah sampai.

 5. Kuasai tehnik belajar. Ada beberapa tehnik belajar yang mutlak harus dikuasai oleh mereka yang ingin sukses. Misalnya cara membaca cepat dan efektif, cara mengingat/menghafal, membuat catatan, mind mapping dan sebagainya. Dengan menguasai tehnik belajar anda akan lebih mudah meraih keberhasilan.

 Teruslah belajar selama hayat masih dikandung badan, learning is never ending process…:D

Tidak ada komentar:

dolanan

Ayo melu

  © http://chluat.blogspot.com/ The Transformers by chluat maja singa 2012